Pengertian
E-Commerce
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari
Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic
transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya.
Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi
perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan
menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas,
bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis.
Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
Pembahasan
Sebelum
anda memutuskan untuk mengembangkan bisnis anda dengan menggunakan e-commerce, sebaiknya
anda harus memahami karakteristik e-commerce, sehingga anda dapat menentukan
strategi yang tepat dalam menindak lanjuti pengembangan e-commerce untuk bisnis anda.
Berikut
adalah beberapa karakteristik E-Commerce:
a.
Transaksi tanpa batas
Sebelum
era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu bisnis
untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang bermodal besar saja yang
dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Dewasa ini, dengan internet
pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional,
cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs
internet tanpa dibatas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh
dunia dapat mengakses situs tersebut serta melakukan transaksi secara on line.
b. Transaksi anonim
Para
penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka
satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang
pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang
ditentukan, pada umumnya dengan kartu kredit, dan bahkan kini transaksi bisa
dilakukan secara virtual melalui Paypal atau payment gateway sejenisnya.
c.
Produk Digital dan Non Digital
Produk-produk
digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat digital,
dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik.
Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi
barang-barang kebutuhan lainnya.
d.
Produk barang tak berwujud
Banyak
perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce menawarkan barang tak berwujud
(intangible) seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Implementasi
e-commerce pada dunia industri, semakin lama semakin luas tidak hanya
memberikan kemudahan dalam bisnis, tetapi juga mengubah suasana kompetisi
menjadi semakin dinamis dan global. Perkembangan teknologi tidak hanya
mendukung kelancaran dan keberlangsungan suatu aktivitas bisnis, namun juga
menciptakan industri baru dalam komunikasi bisnis.
Penerapan e-commerce, telah menciptakan suatu komunitas
tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (electronic business
community). Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu,
berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif dengan memanfaatkan media dan
infrastruktur telekomunikasi serta teknologi informasi dalam menjalankan
kegiatannya seharai-hari. Seperti halnya pada masyarakat tradisional, pertemuan
antara berbagai pihak dengan beragam kepentingan secara natural telah membentuk
sebuah pasar tersendiri tempat bertemunya demand dan supply. Dengan
perkembangan teknologi e-commerce, maka transaksi tadi dapat dengan mudah
dilakukan, sekalipun kedua pihak yang bertransaksi berada pada sisi geografis
yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar